Minggu, 26 April 2009

Program Berhenti merokok (day 1)

Salah satu Karyawan saya mengeluh tentang susahnya berhenti merokok sebut saja namanya Waridi.
Dia adalah Kepala Gudang di tempat saya bekerja.
"Sebungkus rokok seharga Rp 8000,- pasti saya habiskan dalam dua hari pak" Ujar Mas Waridi perlahan.
Beberapa hal yang saya sampaikan pada pertemuan pertama saya adalah…
Dengan mantab saya berkata:
" Mas, berhenti merokok ternyata mudah kok!"
" Mas, tahu nggak berapa uang yang dihabiskan dalam dua minggu?"

Mas Waridi menjawab mantab: "Tahu lah pak, Rp 56.000,-"

Saya (S) : " Mas, tolong nanti beli sepatu seharga Rp 56.000,- untuk hadiah anak mas!"
Mas Waridi (W) : "Lalu?"
S: "Lalu simpan saja, itu akan kita berikan dua minggu lagi"
"Itu adalah hadiah kebahagiaan Mas W, karena berhenti merokok, yang akan diberikan kepada ananda sebagai bukti komitment cinta Mas W kepada ananda"

W: "OK, lalu?"
S: "Mulai detik ini sampai dua minggu ke depan, berhenti merokok, karena uang untuk merokok anda sudah digantikan dengan sepatu cantik milik ananda"

W: "Kalau saya besok pagi-pagi ingin merokok?"
S: "Minum air putih dua gelas, lalu lihat sepatu cantik buah dari perjuangan anda melawan keinginan merokok"
W: "Tapi nanti saya setelah dua minggu, boleh merokok lagi?"
S: "Itu tidak terlalu penting"
S: "Bagaimana, siap untuk mencoba program ini?"
W: "OK, siap pak…"

Lalu setelah mendapat komitmen dari mas Waridi, saya akhiri pertemuan hari itu dengan berkomitmen mendukung program ini dengan mencatat tanggal day 1 (25 April 2009) dan tanggal dua minggu dari sekarang... juga berpesan untuk segera menyebar luaskan komitmen berhenti merokok ini kepada istri, anak, keluarga dan teman-teman mas Waridi...

be continued...

Tidak ada komentar: